MENCARI SEKOLAH YANG IDEAL BUAT ANAK

Mencari Sekolah yang Ideal Buat Anak

Berawal dari keinginan mencari sekolah buat anak saya, Gendis, yang mempunyai konsep yang berbeda dengan sekolah pada umumnya. Berawal dari bertanya dengan teman dan juga browsing di internet, selain itu juga keliling mencari sekolah-sekolah di deket dengan tempat tinggal. Ada beberapa sekolah bagus di dekat rumah, diantaranya adalah
  1. Indonesia Heritage Foundation (IHF) yang berada di Jl. Raya Bogor KM. 30 sebelah Giant Cimanggis, sekolah ini adalah sekolah karakter, untuk mendaftarkan anak di sekolah ini perlu antri yang cukup lama, termasuk anak saya yang mendapat antrian di nomor 37 (kalo tidak salah), untuk masuk di tahun depan.
  2. TK Melur di komplek BBD, Mekarsari, Cimanggis, sepertinya TK ini masih berkonsep konvensional.
  3. Semut-semut the Natural School, Sekolah ini mempunyai jenjang dari Play Group s.d. SMP, terletak di daerah RTM, Depok dan berdiri sekitar tahun 1999. Pada saat itu kebetulan langsung bertemu dengan founder Semut-semut, Ibu Arfi, dan langsung jantuh cinta dengan sekolah ini, begitu juga saat interviu orang tua untuk masuk di Semut-semut langsung dengan Ibu Arfi.
  4. dll
Dari survey ke berbagai sekolah-sekolah di wilayah Depok, akhirnya kami memutuskan memilih Semut-semut The Natural School.

Konsep sekolah ini sesuai dengan pandangan kami sebagai orang tua yang ingin menyekolahkan anaknya dengan metode yang berbeda dari sekolah orang tuanya dulu. Melihat metode belajar yang kami dapatkan di sekolah yang kami dapatkan dulu misalkan menghafal, PR yang banyak terlalu membebani, teknik pengajaran dengan mendengarkan bukan diskusi, bersaing untuk memperoleh nilai akademis yang baik, harus rengking 1, 2, 3 dll.

Dari pengalaman kami sebagai orang tua dengan cara pembelajaran itu semua dengan memperoleh nilai akademis yang bagus di kelas, dengan langganan rengking 1, 2 di kelas bahkan paralel, hal tersebut tidak menjadikan kami sebagai orang tua menuntut hal yang sama kepada anak. Kami merasakan ada hal yang penting yang tidak kami dapatkan di pendidikan kami yaitu, melatih teamwork, empati, menjadi leader (not boss), entrepreneur, dll.

Pada kenyataannya kami sebagai orang tua melihat bahwa kesuksesan seseorang bukan diukur dari kemampuan akademis semata, itu hanya sebagian kecil saja. Ada kemampuan-kemampuan lain yang luar biasa diantaranya teamwork, komunikasi yang baik, leadership, dll.

Dan, di Semut-semut kami merasakan mendapatkan apa yg kami karapkan.

Sukses anakku, Gendis, selamat bermain dan belajar di Semut-semut, Insya Allah tahun depan lanjut lagi ke SD Semut-semut The Natural School.

 
TK B Semut-semut

Popular posts from this blog

Sertifikasi Qualified Internal Audit (QIA)

Kode Etik Internal Auditor